PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ACTIVITY OF DAILY LIVING BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN MAJEMUK DI SLB A YAKETUNIS

Annisa Istiqomah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan activity
of daily living bagi anak dengan hambatan majemuk di SLB A Yaketunis meliputi persiapan
pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan dampak pembelajaran bagi
perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SLB
A Yaketunis dengan subjek satu orang siswa dan satu orang guru. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan activity of daily living bagi anak
dengan hambatan majemuk terdiri dari: 1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan guru ialah
merancang PPI dan mempersiapkan media serta tempat untuk pelaksanaan pembelajaran. 2)
Proses pembelajaran keterampilan activity of daily living terdisri dari langkah-langkah,
dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Selain itu, terdapat
metode, pendekatan, media yang digunakan oleh guru. 3) Evaluasi dilakukan dengan
menggunakan evaluasi proses saat di akhir pelaksanaan semua kegiatan dan evaluasi hasil
dengan pengisian analisis tugas oleh guru. 4) Dampak pembelajaran selama tiga bulan
menunjukan adanya perkembangan pada anak walau hanya sedikit.
Kata Kunci: Pembelajaran, keterampilan activity of daily living, anak dengan hamabatan
majemuk

Abstract: This research is aimed to describe learning activity of daily living abilites for
children with multiple disability at SLB A Yaketunis involve learning preparations, learning
process, evaluation of learning and the effect of learning to progress of the child. This
research is quantitative research that held at SLB A Yaketunis with subject: one student one
teacher. The result is shows that the implementations of learning activity of daily living
abilities for children with multiple disability is consist : 1) Preparation the implementation of
learning is make a plan for PPI and preparing instrument and places for learning. 2)
Learning activity of daily living abilities process is start from introduction activities, main
activities, and closing activities. Other than that there is method is approaching using the
instrument by teacher. 3) The Evaluation is using process evaluation at the end of all
activities and result evaluating with filled the task analysis by teacher. 4) The effect of
learning for three month is shows that children had progress eventhough a little.
Keyword : learning, activity of daily living, child with multiple disability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter