PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENSORI INTEGRASI UNTUK ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Atika Nilansari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sensori integrasi. Fokus dalam penelitian ini yaitu pada tahap-tahap pembelajaran sensori integrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa autis di sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta dan guru sensori integrasi sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan kesimpulan. Uji dari keabsahan dalam pelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Pada pelaksanaan pembelajaran sensori integrasi untuk anak autis terdapat tahap-tahap pembelajaran yaitu: tahap awal, tahap inti dan tahap akhir/penutup. Materi yang diajarkan dalam pembelajaran sensori integrasi berupa gerakan-gerakan yang mencakup lima sistem dalam sensori integrasi, sistem tersebut adalah: 1) sistem vestibular, 2)sistem taktil, 3) sistem proprioceptive, 4) sistem visual, dan sistem auditori. Evaluasi dalam pembelajaran sensori integrasi di sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta dilakukan pada tahap akhir/ penutup pembelajaran sensori integrasi. Kata kunci: anak autis, sensori integrasi, tahap pembelajaran

Abstract This study aims to find out and describe the implementation of sensory integration learning. The focus of this research is on sensory integration learning stages.This study uses a descriptive qualitative research method with the subject of research is autistic student in the Special Autism School of Bina Anggita Yogyakarta and sensory integration teacher as an informant. Data collection techniques used were observation and interviews. The data analysis technique used are data reduction, data presentation, verification and conclusions. The test of validity in this study uses source triangulation and method triangulation. In the implementation of sensory integration learning for autistic student there are some learning stages, namely: the initial stage, the core stage and the final stage / closing. The material taught in sensory integration learning is in the form of movements that include five systems in sensory integration, the system are: 1) vestibular system, 2) tactile system, 3) proprioceptive system, 4) visual system, and auditory system. Evaluation of sensory integration learning in the Special Autism Bina Anggita Yogyakarta school was carried out at the final stage / closing of sensory integration learning.

Keywords: autistic student, sensory integration, learning stages


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter