PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK BAGI ANAK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA

Citra Kurnia Permata A.S, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
menggunakan media komik bagi anak slow learner kelas IV SD Negeri Tamansari 1
Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah
seorang siswa slow learner kelas IV di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan proses pembelajaran membaca
pemahaman menggunakan media komik bagi siswa slow learner kelas IV di SD Negeri
Tamansari 1 Yogyakarta. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan
aktivitas siswa pada saat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan komik pada
tindakan siklus I dan siklus II. Peningkatan hasil pembelajaran membaca pemahaman setelah
menggunakan media komik yaitu adanya peningkatan nilai dari 50% pada pra tindakan
menjadi 65% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Peningkatan subjek dari pra tindakan
sampai siklus II sebesar 30% dan dapat melampau nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
sebesar 75.
Kata Kunci : kemampuan membaca pemahaman, media komik, slow learner

Abstract
This research was aimed to improve a slow learner Grade 4 student reading
comprehension by using comic as the learning media in SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta.
The research methodology of this study was Classroom Action Research (CAR) and
the research design used was Kemmis and Mc Taggart. The subject of this study was a slow
learner student of Grade 4 in SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. The data was collected by
using test, observation, and documentation. The data was analyzed by using quantitative
descriptive and qualitative descriptive analysis. The result of this study showed that there was
an improvement in the reading comprehension learning process by using comic media for a
Grade 4 slow learner student in SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. The improvement in the
reading comprehension learning process was shown by the improvement oh student activity in
reading comprehension learning by using comic in the cycle I and cycle II. The improvement
of the result of reading comprehension after using comic as the learning media increased
from 50% in pre-action into 65% in cycle I and 80% in cycle II. Subject improvement from
the pre-action to cycle II was 30% and able to pas the minimum passing grade of 75.
Keywords: reading comprehension ability, comic media, slow learner


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter