EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN PLAY DOUGH KOMBINASI KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BILANGAN PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH BINA ANGGITA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas media permainan play dough kombinasi kartu
angka terhadap kemampuan pemahaman bilangan pada siswa autis di sekolah Bina Anggita Yogyakarta.
Metode eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang
digunakan yaitu A-B-A’. Fase baseline-1 (A1) dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, fase
intervensi (B) sebanyak lima kali pertemuan, dan fase baseline-2 (A2) sebanyak tiga kali pertemuan.
Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak autis kelas 1 di sekolah khusus autis Bina Anggita
Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Tes kemampuan pemahaman bilangan dan
Observasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media
permainan play dough kombinasi kartu angka efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan
pemahaman bilangan pada siswa autis di sekolah Bina Anggita Yogyakarta. Hal ini terbukti dari adanya
peningkatan perolehan mean level pada baseline-1 (A1) sebesar 4,6, intervensi (B) sebesar 10,4, dan
baseline-2 (A2) sebesar 13,3. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan 8,7 pada kemampuan
pemahaman bilangan antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan media permainan
permainan play dough kombinasi kartu angka. Presentase data tumpang tindih (overlap) antar kondisi
0% yang berarti bahwa tidak ada data yang tumpang tindih (overlap). Dengan demikian, media
permainan play dough kombinasi kartu angka efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman bilangan pada siswa autis.
Kata kunci : Media permainan, kemampuan pemahaman bilangan, siswa autis.
Abstract
The purpose of this study was to examine the effectiveness of play dough media game number
card combinations towards the ability to understand numbers for autis student at Bina Anggita
Yogyakarta.This study used a quantitative approach with the type of research was experiment. The
method used is Single Subject Reasearch (SSR) with the A-B-A’ design. The baseline-1 (A1) phase was
conducted three times, the intervention phase (B) five times and baseline-2 (A2) phase three times. The
subject in this study was a student of grade 1 at autis school of Bina Anggita Yogyakarta. Data collection
techniques were carried out with numeral comprehension test and observation. Data were analyzed using
descriptive statistics.The result showed that the media was effective to increase the knowledge of
numeral comprehension for autis student at Bina Anggita Yogyakarta. It was proven from the
achievement of mean levels that increased at baseline-1 (A1) of 4,6 , intervention (B) of 10,4 and
baseline-2 (A2) of 13,3. Based on these data, there was an increase of 8,7 towards the ability to
understand numbers before and after being given an intervention using play dough media game numer
card combinations. Data percentage overlaps showed 0% which means that there was no overlapping
data. Thus , play dough media game number card combinations is effectively used to improve the ability
of numeral comprehension for autis students.
Keywords: Game media, Numeral comprehension ability , Autis student
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: