PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBATIK UNTUK SISWA AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA

Erika Anggraeni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan vokasional membatik
untuk siswa autis di SKA Bina Anggita Yogyakarta. Fokus dalam penelitian ini yaitu pada perencanaan,
pelaksanaan serta kolabarosi dan dukungan yang ada dalam pembelajaran tersebut. Penelitian adalah
penelitian deskriptif. Subjek penelitian guru keterampilan vokasional membatik di SKA Bina Anggita.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang
digunakan yaitu panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Pengujian keabsahan
data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan; 1) Tahap perencanaan pembelajaran meliputi, asesmen perencanaan pembelajaran
serta rancangan pembelajaran yang dirancang berdasarkan kondisi dan keadaan dari keseluruhan rata-rata
keadaan siswa autis yang mengikuti pembelajaran keterampilan vokasional membatik di SKA Bina Anggita
secara tidak tertulis dan sistematis. 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran, yaitu; (a) pendahuluan, berupa
pengkonsidian dari kesiapan dan atensi siswa autis; (b) kegiatan inti berupa, penyampaian materi membatik
menggunakan multi-metode dan terintegrasi dengan pelatihan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial,
keterampilan menejemen diri, keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan navigasi.; dan (c)
penutupan pembelajaran ditutup dengan salam. Hal tersebut tidak dirancang secara tertulis dan tidak
sistematis; Selanjutnya, 3) Kegiatan kolaborasi dan dukungan dalam pembelajaran keterampilan vokasional
membatik, belum didukung sepenuhnya oleh guru pendamping siswa serta belum memiliki dukungan dari
pemilik usaha dalam pembelajaran keterampilan vokasional membatik tersebut.
Kata Kunci: pembelajaran keterampilan vokasional membatik, siswa autistik
Abstract
This study aims to describe the learning of batik vocational skills for autistic students in SKA Bina
Anggita Yogyakarta. The focus of this research is on planning, implementation and collaboration and
support. This research is descriptive research. The subject of the research was the teacher of vocational
skills program “membatik” at SKA Bina Anggita. Data collection techniques used are observation,
interview and documentation. The instruments used are observation guides, interview guides and
documentation guides. Testing the validity of the data uses a credibility test with triangulation. The data
analysis technique uses the Miles and Huberman models which consist of three stages, namely data
reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study show; 1) The learning
planning stage includes, assessment of learning planning and learning design that is designed based on
conditions and conditions of the overall average state of autistic students who take part in learning
vocational skills in SKA Bina Anggita in an unwritten and unsystematic. 2) The implementation phase of
learning, namely; (a) introduction, in the form of consonants of autism students' readiness and attention;
(b) core activities in the form, delivery of batik materials using multi-methods and integrated with training
in communication and social interaction skills, self-management skills, problem solving skills and
navigation skills; and (c) closing the learning closes with greetings. This is not designed in writing and is
not systematic; Furthermore, 3) Collaboration and support activities in learning vocational skills batik,
have not been fully supported by the accompanying teacher of students and do not have the support of
business owners in vocational skills program “membatik” at SKA Bina Anggita.
Keywords: vocational skills program”membatik”, autistic students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter