PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-50 MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN DI LUAR KELAS PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VII SLB B/C YKGR BAYAT

Anita Dwi Muslimah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Absrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-50 menggunakan
metode penugasan di luar kelas pada siswa tunarungu kelas VII SLB B/C YKGR Bayat. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat
siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan awal semua subjek
sebesar 43,8% dengan kriteria sangat kurang, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 66,3% dengan kriteria
cukup. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 84,3% dengan kriteria baik dan telah memenuhi
indikator keberhasilan tindakan.
Kata kunci: konsep bilangan, metode penugasan, tunarungu
Abstrak
The research aims to improve the ability to recognize concept of numbers 1-50 using outside class
assignment method to the deaf students at 7th grade SLB B/C YKGR Bayat. The type of research is collaborative
classroom action research. Subjek are four deaf children. Data collection methods using test and observation.
The analytical data technique using quantitative descriptive. The results of research showed that the early
ability average all subjek is 43,8% with very less criteria, then increased in the first cycle to 66,3% with
sufficient criteria. In the second cycle the class average increased to 84,3% with good criteria and has met the
indicator of success action.
Keywords: concept of number, assignment method, deaf students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter