KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DENGAN HAMBATAN MAJEMUK DI SLB-G DAYA ANANDA

Beartha Beartha, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi verbal, kemampuan
komunikasi nonverbal, dan kemampuan interaksi sosial anak dengan hambatan majemuk karena komunikasi
merupakan aktivitas dasar manusia dan merupakan proses penyesuaian diri dengan lingkungan serta untuk
memenuhi kebutuhan sosial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SLBG
Daya Ananda dengan subjek seorang siswa dengan hambatan majemuk kelas V SD, berjenis kelamin
laki-laki, dan berusia 24 tahun. Informan penelitian ini adalah satu guru kelas berusia 54 tahun, berjenis
kelamin perempuan dan satu ibu asrama berusia 55 tahun, berjenis kelamin perempuan. Metode
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data melalui tahapan
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan
sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi verbal siswa menunjukkan pola
bahasa umum yang merujuk pada sintaksis yaitu dilakukan dengan cara menggabungkan sepatah-sepatah
kata menjadi sebuah kalimat dan kemampuan komunikasi nonverbal yang biasa dilakukan siswa adalah
pesan-pesan gestural dan pesan sentuhan. Kemampuan interaksi sosial yang dimiliki siswa cenderung pada
bentuk interaksi sosial assosiatif dimana siswa menunjukkan perilaku-perilaku yang positif, seperti
merespon ketika disapa oleh guru, tersenyum ketika dipanggil oleh teman, dan menjawab ketika diberi
pertanyaan oleh orang lain.
Kata kunci: kemampuan komunikasi dan interaksi sosial, anak dengan hambatan majemuk

Abstract: This research is aimed at describing the verbal and nonverbal communication as well as social
interaction skills of students with multiple disabilities as communication is the basic activity of human
beings and it is an adaption process of oneself to the environment as well as to fulfill social needs. This is a
qualitative descriptive study conducted at SLB-G Daya Ananda with one subject of research, i.e. a 24-yearold
fifth-grade male student with multiple disabilities. The informants of the research are a 54-year-old
female teacher and a 55-year-old female dormitory caretaker. The data is collected through observation,
interview, and documentation. The obtained data is then analyzed through three phases i.e. data reduction,
data presentation, and data verification. To validate the data, technique and source triangulation is
conducted. The research findings reveal that the student’s verbal communication skills show common
language pattern referring to syntax which is done by combining words to sentences. Meanwhile, in relation
to nonverbal communication skills, the student commonly uses gestures and touches to convey messages.
On the other hand, the student’s social interaction skills is in the form of associative social interaction in
which S shows positive behaviors, i.e. responding when the teacher greets him, smiling when a friend calls
his name, and answering when someone asks him a question.
Keywords: communication skills and social interaction, student with multiple disabilities


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter