EFEKTIVITAS METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN BINA DIRI DALAM BERPAKAIAN SISWA TUNANETRA KELAS II DI SLB YAKETUNIS YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode latihan terhadap kemampuan bina
diri dalam berpakaian siswa tunanetra kelas II di SLB Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian
yaitu seorang siswa tunanetra. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data
tes unjuk kerja menggunakan analisis statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan
grafik. Komponen- komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan yang dilakukan berulang-ulang efektif
terhadap kemampuan bina diri dalam berpakaian siswa tunanetra kelas II di SLB Yaketunis
Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebelum intervensi sebesar 57,5% dan nilai ratarata
pada saat diberikan intervensi sebesar 80,41%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa adanya selisih
antara fase A dan B sebesar 22,91%. Siswa tunanetra mampu terbiasa meraba bagian-bagian pakaian
terlebih dahulu sebelum memakai pakaian seragam sekolah, mampu mempertemukan kelim bawah
pakaian, dan mampu mengancingkan pakaian. Penerapan metode latihan yang dilakukan secara
berulang-ulang meliputi fase pemberian latihan yakni siswa berlatih mengidentifikasi bagian-bagian
pakaian dengan cara meraba serta menyebutkan nama-nama bagian pakaian, langkah pelaksanaan
latihan yakni siswa mendengarkan penjelasan mengenai tatacara berpakaian serta melakukan langkahlangkah
berpakaian menggunakan pakaian seragam sekolah, dan fase mempertanggungjawabkan
latihan yaitu dengan melakukan penilaian terhadap kemampuan siswa tunanetra dalam melakukan
aktivitas bina diri berpakaian.
Kata kunci : metode latihan, kemampuan bina diri berpakaian, siswa tunanetra
Abstract
This study aims to know the effectiveness of training methods on the ability of selfcare in
dressing of second grade visual impairment student in Yaketunis Yogyakarta special school. This
research used experimental study with the type Single Subject Research (SSR). The subject is student
with visual impairment. The researcher used performance test to collect data. The data were analyzed
with descriptive statistic and displayed in tables and graphs. The components analyzed by inter- and
intra-condition analysis. The result of this research showed that the using of training methods is
effective for selfcare skill in dressing of second grade visual impairment student in Yaketunis
Yogyakarta special school, as indicated by the average value before intervention of 57,7% and the
average value at the time given an intervention of 80,41%. This value indicates thet the difference
between phase A and B is 22,91%. The ability of selfcare in dressing shown by the student being able
to fingering at the parts of clothing first before wearing the clothes, bringing the hem under the
clothes, and buttoning the clothes independently. The application of the training method includes the
phase of giving training that is the students practice identifying the parts of clothing by touching and
mentioning the names of the clothes, the steps of the exercise, namely the students listen to the
explanation of dress codes and dress steps using clothes school uniforms, and the phase of
accountability for the exercise is by assessing the ability of students with visual impairments in
conducting self-dressing activities.
Keywords: training methods, selfcare skill in dressing, student with visual impairment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: