EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP PENGENALAN KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari media kantong bilangan dalam pembelajaran
mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas I SDLB di SLB Yapenas Unit II Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subyek
penelitian ini berjumlah satu orang siswa tunagrahita kategori ringan kelas I SDLB di SLB Yapenas Unit II
Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis dalam kondisi dan analisis
antar kondisi dengan penyajian data menggunakan grafik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa media kantong
bilangan efektif terhadap pengenalan konsep bilangan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas I SDLB Yapenas
Unit II Sleman. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persentase dari Baseline-1 (A) sebesar 55% ke Intervensi (B)
berubah menjadi 85%. Berdasarkan hasil tersebut, terjadi perubahan sebesar 30% dan telah melampaui KKM
sebesar 65%. Dari data penelitian tersebut, disimpulkan bahwa melalui media kantong bilangan memberikan
pengaruh positif pada pengenalan konsep bilangan 1-10 dan media dikatakan efektif untuk anak tunagrahita
kategori ringan.ringan.
Kata kunci: pengenalan konsep bilangan 1-10, media kantong bilangan, tunagrahita ringan
Abstract
This research purposed to know the effectiveness of bag numbers media on learning recognition of the
numeral concept 1-10 for child with mild mental retardation grade 1 elementary school at SLB Yapenas Unit II
Sleman. This research is using Single Subject Research (SSR) method with A-B design. Subject in this research is
one mild mental retardation child grade I elementary school at SLB Yapenas Unit II Sleman. Data collected by test
about numeral concept 1-10, observation, and documentary as complementary data. Analysis technique in this
research using quantitative descriptive analysis technique, analysis in condition and analysis inter condition with
presentation by graphs. This research shows that number bag media effective against the introduction of numeral
concept 1-10 for mild mental retardation child grade I elementary school at SLB Yapenas Unit II Sleman. Results
showed by the change from Baseline-1 (A) phase 55% to Intervention (B) 85%. Based on that results, there was an
increase by 30% and exceed the KKM 65%. Based from the research data, concluded that by using number bag
media gave positive effect for comprehension recognition about numeral concept 1-10 and the media is effective for
mild mental retardation child.
Keywords:rocognition of numeral concept 1-10, number bag media, mild retardation child
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: