KONTRIBUSI ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTIS DI SLB BHAKTI WIYATA WATES KULON PROGO

Bayu Kurniawan Putra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan kemampuan komunikasi verbal pada anak autis di SLB Bhakti Wiyata Wates Kulon Progo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di rumah subyek. Subjek penelitian seorang ibu dari anak autis dengan kemampuan komunikasi verbal yang sudah berkembang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dalam mengembangkan kemampuan komunikasi verbal pada anak autis di SLB Bhakti Wiyata Wates Kulon Progo adalah pengoptimalan penguasaan bahasa verbal serta pemberian stimulus untuk menumbuhkan kemauan anak melakukan komunikasi secara verbal melalui teknik Never Ending Stimulation (NES) yang dibagi menjadi dua jenis: Self talk dan paralel talk, menjalin kebersamaan, tangap terhadap perkembangan bahasa, penggunaan dorongan imitasi meniru, reinforcement penguat, menjiwai percakapan dengan unsur empati.
Kata kunci: Anak Autis, Komunikasi Verbal, Kontribusi
Abstract
This study aims to describe the efforts of parent in developing verbal communication skills in children with autism in SLB Bhakti Wiyata Wates Kulon Progo.
This kind of research in descriptive research. The study was conducted in a subject house. The subject of research is a mother of autistic children with verbal comunication skills that have developed. Data collection techniques were conducted by using observation, interviews, and dokumentation. Data analysis technique is done descriptively qualitative.
The results showed that parent contribution in developing verbal communication skills in autistic children at SLB Bhakti Wiyata Wates, Kulon Progo is making efforts to optimize verbal language mastery as well as giving stimulus to children’s willingness nurture to communicate verbally through the technique of Never Ending Stimulation (NES), which is divided into two type: Self talk and parallel talk, unity, language development, imitation, reinforcement, animating conversation with empathy
Keywords: child with autism, verbal communication, contribution


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter