PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PRAKARYA KAYU BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SLB N 1 BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan prakarya kayu bagi anak tunagrahita kategori ringan di SLB N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi dua guru prakarya kayu dan dua siswa tunagrahita kategori ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan dalam bentuk naratif dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan prakarya kayu sudah disesuaikan dengan siswa karena menggunakan pendekatan individual dan menggunakan materi dari kreativitas guru. Pembelajaran keterampilan prakarya kayu, guru menjelaskan dan membuat karya bersama anak secara bertahap. Evaluasi yang dilakukan berupa evaluasi proses dan hasil dengan teknik tes lisan dan non tes. Anak memiliki kemampuan tinggi dalam pembelajaran keterampilan prakarya kayu misalnya dalam mempersiapkan, mengoperasikan, alat dan bahan, teknik kerja, keselamatan kerja dan memahami langkah-langkah pembuatan. Kendala yang sering terjadi dalam pembelajaran keterampilan prakarya kayu yaitu, kendala dari siswa, kendala dari guru, dan kendala dari sarana prasarana, sehingga upaya yang dilakukan untuk menangani yaitu, memaksimalkan kemampuan, waktu, dan sarana prasarana yang ada.
Kata kunci: keterampilan prakarya kayu, anak tunagrahita ringan
Abstract
The purpose of this research is to describe the implementation of wood craft skills learning for intellectual disability children mild categories in SLB N 1 Bantul.This research is descriptive qualitative. The subject is two teacher of wood craft and two mild intellectual disability. Data collection techniques use observation, interview, and documentation. The validity data use triangulation technique. The data analyzed using descriptive qualitative consist of reducing data, presenting data, and making conclusions that showed in narrative and table. The results of this research showed that the wood craft skills learning has been adjusted to students because it used individual approach, the material used from the creativity of the teacher. In the wood craft skills learning, the teacher explains and makes the craft with students by steps. The evaluation consist of process and result evaluation with the verbal test and non-test. The students have a high skill in wood craft skills learning, for example in preparing, operating tools and materials, safety work, and understand the step of making wood craft. The obstacles in wood craft skills learning is the obstacles from students, from teacher, and from facilities and infrastructure, so the efforts for handling is maximizing the ability, time, and existing infrastructure.
Keywords: wood craft learning, mild intellectual disability children
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: