INFERIORITAS PADA ANAK KESULITAN BELAJAR KELAS 3 DI SD NEGERI 1 TRIRENGGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latarbelakang inferioritas yang terjadi pada siswa kesulitan belajar kelas 3 di SD Negeri 1 Trirenggo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 2 siswa kesulitan belajar kelas 3 yaitu EV dan DK yang mengalami inferioritas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrumen penelitian non-tes yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber, serta teknik analisis data dengan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan : 1) faktor pengaruh inferioritas yang didalamnya terdiri dari; pendidikan yang salah dari orangtua yang memanjakan dan kurang perhatian dengan anak, keterbatasan mental dan kekurangan secara sosial, 2) bentuk inferioritas psikologis karena siswa merasa dirinya kurang dari siswa sebayanya, 3) perilaku kecenderungan inferioritas yang dilakukan oleh siswa kesulitan belajar meliputi membuat alasan untuk selalu berada di zona nyaman, 4)perlakuan guru kepada siswa kesulitan belajar yang mengalami inferioritas, yaitu pemahaman guruterhadap siswa dengan kesulitan belajar yang mengalami inferioritas dan sikap guru dalam mengatasi siswa kesulitan belajar yang mengalami inferioritas dengan cara memberikan dukungan posistif dan motivasi tinggi. Faktor-faktor tersebut sebagai latarbelakang pengaruh terbentuknya inferioritas pada siswa kesulitan.
Kata Kunci: inferioritas, siswa kesulitan belajar
Abstract
The study aims to inferiority background in children with learning disability in 3rd grade at SD Negeri 1 Trirenggo. This study was conducted using a type of descriptive qualitative analysis. The subjects in this study were two students who had difficulty learning namely EV and DK and experienced inferiority. Data collection used in this study are observation techniques, and interviews with instrument research is observation, interviews and documentation. The validity of the data in this study used triangulation technique and source. And data analysis techniques consisting wits analysis model Miles and Huberman. The results of the study show: 1) the causes of inferiority in which consists of wrong education, mental limitations and social deficiencies, 2) the form of inferiority that results in children experiencing inferiority is psychological inferiority, 3) behavior of inferiority tendencies undertaken by children learning difficulties include making excuses , 4) Teachers should give positive providing and high motivation support to student with learning disability. These factors as the background of the influence of the formation of inferiority in children learning disability.
Keywords: inferiority, children with learning disability
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: