PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ASLI 1-10 MENGGUNAKAN PERMAINAN UNITED NATION ORGANIZATION (UNO) SISWA TUNARUNGU KELAS TAMAN 2 SLB B KARNNAMANOHARA

Irsyad Alma'arif, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar pada pelajaran
berhitung menggunakan permainan UNO pada siswa tunarungu kelas Taman 2 SLB B Karnnamanohara. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini
adalah dua siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal kedua subjek
adalah 32 dan 36. Pasca siklus I berupa penjelasan konsep dasar dan permainan UNO, kedua subjek
memperoleh skor 47 dan 50. Pasca tindakan II kedua subjek mampu memperoleh skor 64 dan 68.atau
meningkat sebesar 40% dan telah memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 75%.
Kata kunci : bilangan, kartu UNO, tunarungu
Abstract
The purpose of this research to improve learning process and outcomes in the math lesson of deaf
students of kindergarten level in class 2 SLB B Karnnamanohara. This research use UNO card in math lesson.
The type of research is collaborative classroom action research. Subject are two deaf children. Data analysis
used is quantitative descriptive analysis. Early ability two subject are 32 and 36. After the first action in
exploration of basic concept and training to use UNO card and guidance in sloving the problem, the subject
scored 47 and 50. After the second action subject were able to score 64 and 68 or increased 40% and has met
the specified passing grade of 75%.
Keywords: Numbers, UNO card, deaf students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter