PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BRAILLE MELALUI MEDIA SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Baille melalui media scramble dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa tunanetra kelas III SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart (Arikunto, 2010: 131) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas III yang berjumlah dua orang. Pengumpulan data menggunakan tes membaca, tes menulis, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I yaitu siswa tunanetra meraba kartu huruf Braille dan pemberian latihan, sedangkan pada tindakan kelas siklus II dengan menggunakan tindakan demostrasi, penugasan, dan latihan dalam menggunakan media scramble. Hasil keterampilan membaca dan menulis Braille dengan menggunakan media scramble memperoleh hasil pra tindakan kelas pada siswa AN sebesar 55 naik 54,54% menjadi 85 pada pasca tindakan kelas siklus I, dan naik 11,7% menjadi 95 pada pasca tindakan kelas siklus II. Sedangkan hasil pra tindakan kelas yang diperoleh siswa NS sebesar 40 naik 50% menjadi 60 pada pasca tindakan kelas siklus I, dan naik 33,3% menjadi 80 pada pasca tindakan kelas siklus II. sehingga dua siswa tunanetra dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan.
Kata kunci : siswa tunanetra, keterampilan membaca dan menulis Braille, media scramble.
Absract
This study aims to improve the skills of reading and writting Braille through a scramble media in learning Indonesian language on blind students 3 grade SLB A Yaketunis Yogyakarta. The type of this research is classroom action with model Kemmis and McTaggart (Arikunto, 2010: 131) which is implemented in two cycles with each cycles of two meetings. Subject of this research is blind students of 3 grade which numbered two people. Data collection used reading tests, writting tests, and observations. Analysis of data used is descriptive quantitative.
Classroom actions performed on I cycle of blind students plague Braille and gift cards, while on the classroom action II cycle used demostration action, assignment, and exercise in apply the scramble media can improve skills of reading and writting Braille on blind students. The results of Braille reading and writing skills by using scramble media obtained a pre action result of class on NA student of 55 up 54,54% to 85 in the post action class 1 cycle , and up 11,7% to 95 in post action class II cycle. While the results of the class oction obtained by NS students amounted to 40 up 50% to 60 in the post action class I cycle, and up 33,3% to 80 in post action class II cycle. So that two students blind t meet the criteriaof minimal mastery.
Keywords: blind students, skills of reading and writting Braille, scramble media.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: