PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran berbasis
power point interaktif terhadap prestasi belajar matematika Siswa Tunarungu 1 SLB Wiyata Dharma 1
Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan
adalah A-B-A’ yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu
1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman berjumlah 5 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes
tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan
media pembelajaran berbasis power point interaktif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar
matematika Siswa Tunarungu 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Hal ini ditunjukkan dari tingkat
perubahan pada fase baseline 1 sebesar + 2,67 yaitu dari 44,00 menjadi 46,67. Tahap baseline 1
memiliki rentang dari 44,00 menjadi 46,67 yang merupakan jarak dari data poin pertama (44,00)
dengan data poin terakhir (46,67).
Kata kunci: media pembelajaran berbasis power point interaktif, prestasi belajar, dan anak
tunarungu
Abstract
This study aims to determine the influence of learning media based on interactive power point
on mathematics learning achievement of deaf student grade 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. This type
of research using Single Subject Research (SSR). The design used was A-B-A 'ie baseline 1,
intervention, and baseline 2. The subjects of this study were 5 deaf students grade 1 SLB Wiyata
Dharma 1 Sleman. The data were collected using a written test. Data analysis technique used is
analysis in condition and analysis between condition. Presentation of research results using graphs and
tables. The results of the research note that the use of learning media based on interactive power point
has a positive effect on the achievement of learning mathematics Students Deaf 1 SLB Wiyata Dharma 1
Sleman. This is shown from the rate of change in phase baseline 1 of + 2.67 ie from 44.00 to 46.67. The
baseline 1 stage has a range from 44.00 to 46.67 which is the distance from the first data point (44.00)
with the last data point (46.67).
Keywords: learning media based on interactive power point, learning achievement, and deaf children
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: