PELAKSANAAN TUGAS GPK DALAM MEMBERIKAN PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP SISWA TUNANETRA DI SMP N 2 SEWON BANTUL

Muhammad Bima Pradana, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tugas Guru Pembimbing Khusus (GPK) dalam memberikan pengajaran remedial terhadap siswa tunanetra di SMP N 2 Sewon Bantul. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 orang Guru Pembimbing Khusus SMP N 2 Sewon Bantul. Teknik Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan analisis dokumen atau dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik diantaranya teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian meliputi: 1) Guru Pembimbing Khusus yang bertugas di SMP N 2 Sewon Bantul berjumlah satu orang, dan bertugas selama dua hari dalam sepekan, 2) Layanan pengajaran remedial oleh GPK diberikan ketika siswa tunanetra mengalami kesulitan untuk mengikuti dan memahami materi yang diajarkan, 3) Pemberian layanan pengajaran remedial diberikan pada saat proses pembelajaran di dalam kelas, saat waktu senggang siswa dan GPK baik saat istirahat maupun setelah proses pembelajaran selesai, 4) Tahapan-tahapan pengajaran remedial oleh Guru Pembimbing Khusus (GPK) adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir, dan 5) Bentuk layanan pengajaran remedial terhadap siswa tunanetra di SMP N 2 Sewon Bantul adalah layanan remedial secara individu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter