KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SLB NEGERI 1 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode bermain menggunakan simpai terhadap keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB N 1 Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu empat anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB N 1 Sleman. Desain yang digunakan adalah one group pre test – post test design. Pengambilan data dilakukan dengan tes performance dan observasi. Analisis data tes performance menggunakan uji statistika non-parametrik berupa tes tanda (sign test), dan analisis data observasi menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain menggunakan simpai efektif terhadap keterampilan motorik kasar untuk anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB N 1 Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan positif sebesar 19,75%. Hasil analisis data menggunakan p tabel 0,031, sehingga p tabel lebih kecil dari pada signifikansi yaitu 0,031<0,05. Anak mampu menguasai keterampilan motorik kasar melompat dan berlari dalam aspek kebugaran yang meliputi ketepatan, keseimbangan dan kecepatan. Cara penggunaan metode bermain menggunakan simpai dalam keterampilan motorik kasar yaitu dilakukan secara individu yang meliputi melompat ke samping kanan, melompat ke samping kiri, melompat ke depan dan berlari di garis lurus.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: