PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MASSAGE PADA SISWA TUNANETRA KELAS IV DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan massage pada siswa tunanetra kelas IV di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian difokuskan pada persiapan, proses, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yaitu deskriptif. Subjek penelitian meliputi dua siswa dan seorang guru sebagai informan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan massage terdiri dari: 1) persiapan pembelajaran meliputi guru menentukan tujuan dan materi pembelajaran, serta mempersiapkan perlengkapan pembelajaran; 2) proses pembelajaran: a) kegiatan pendahuluan meliputi guru menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran, b) kegiatan inti berisi penyampaian materi disertai pemberian contoh teknik manipulasi, mengajarkan teknik diawali dengan mengarahkan siswa untuk cuci tangan, mengatakan posisi masseur terhadap pasien, membimbing siswa untuk menggunakan perlengkapan pembelajaran, dan mengajarkan teknik dengan memegang serta mengarahkan siswa, c) kegiatan penutup meliputi review materi, praktik, dan tanya jawab; 3) evaluasi pembelajaran dilakukan melalui observasi keterampilan siswa dan tes lisan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: