PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN DASAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN BRAILLE PADA ANAK TUNANETRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada anak tunanetra
kelas dasar III SLB A Yaketunis Yogyakarta dengan menggunakan media Kartu Bilangan Braille.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Desain penelitian
ini yaitu desain Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian adalah dua anak tunanetra. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif
kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan jika mencapai KKM sebesar 75. Hasil penelitian
menunjukan peningkatan hasil belajar anak pada mata pelajaran matematika khususnya operasi hitung
perkalian. Untuk mengetahui kemampuan awal anak dilakukan pra tindakan. Pada pra tindakan Subjek
A mendapatkan skor 40 dan subyek B mendapatkan skor 50. Setelah dilakukan tindakan Siklus I
subjek A meningkat sebesar 10% dan subyek B meningkat sebesar 10%. Pasca tindakan II subjek
meningkat dari hasil pre-test, Subyek A meningkat 40% dan subyek B meningkat 30%. Pasca tindakan
siklus II menunjukkan bahwa subyek mengalami peningkatan dan telah mencapai KKM sehingga
tindakan dihentikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: