PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I SD DI SLB DAMAYANTI SLEMAN
Abstract
Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata melalui media Pop Up pada siswa tunarungu kelas I di SLB Damayanti Sleman. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SLB Damayanti Sleman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis dekriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tes pra tindakan siswa memperoleh nilai 55%. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan media Pop Up pada siklus I, meningkat 10% dengan nilai 65% dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa memperoleh nilai 80 % dengan kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 25% dari nilai tes pra tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop Up dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa tunarungu.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: