PENGARUH METODE DRILL DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF SISWA AUTIS DI SLB CITRA MULIA MANDIRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode drill dengan bantuan media kartu
bergambar terhadap kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif siswa autis di SLB Citra Mulia
Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen (quasi experimental). Desain yang digunakan dalam penelitian ini
adalah desain A-B-A’. Penelitian ini bertempat di SLB Citra Mulia Mandiri dan subjek pada penelitian
ini adalah satu orang anak autis usia remaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Peningkatan rata-rata skor kemampuan
berbahasa reseptif dan ekspresif dikarenakan peneliti memberikan materi pemahaman instruksi secara
berulang-ulang pada setiap sesi sebelum dilanjutkan dengan praktik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: