PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dengan menggunakan
metode eksperimen pada anak tunarungu kelas 1 SD di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan guru kelas dan dilaksanakan dalam
dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunarungu kelas 1 SD yang terdiri dari 2 anak lakilaki
dan 1 anak perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan pengamatan
dengan instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat
meningkatkan kemampuan mengenal warna anak tunarungu. Hasil ini dapat dilihat dari kenaikan
kemampuan mengenal warna dari data hasil observasi pada Pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada
Pratindakan, Na mendapat nilai 68, Ar 64 dan Ba 70. Pada Siklus I subjek Na mendapatkan nilai 78, Ar
72 dan Ba 82. Pada Siklus II subjek Na mendapat nilai 88, Ar 82 dan Ba 90. Secara keseluruhan terjadi
peningkatan kemampuan mengenal warna anak tunarungu ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai
rata-rata.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: