PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MEDIA GAMBAR TIMBUL PADA SISWA TUNANETRA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi organ pencernaan
manusia pada siswa tunanetra kelas V SLB A Yaketunis Yogyakarta menggunakan media gambar
timbul organ pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian
ini mengacu pada model penelitian Suharsimi Arikunto (2010:13). Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus tindakan. Setting penelitian dilakukan di ruang kelas V SLB A Yaketunis Yogyakarta.
Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan pedoman observasi. Data yang diperoleh dianalisis
secara deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penggunaan media
gambar timbul dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi organ pencernaan manusia
pada siswa tunanetra kelas V SLB A Yaketunis. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan nilai pre test dari 46 menjadi 66 dilakukan dengan tindakan mendemonstrasikan
gambar timbul. Pada siklus II dilakukan perbaikan tindakan yaitu lebih interaktif dengan
siswa dan menambah jumlah media gambar timbul untuk diskusi, sehingga rata-rata nilai post
test I 66 menjadi 88.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: