TINGKAT KECAKAPAN TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

Taufiq Akbar,

Abstract


Abstrak  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecakapan teknik dasar bermain sepakbola
pada siswa Kelas Khusus Olahraga Sepakbola di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Jenis penelitian adalah
deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian
adalah siswa KKO sepakbola di SMP Negeri 13 Yogyakarta yang berjumlah 36 orang. Teknik
sampling menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecakapan
bermain sepakbola, yaitu dengan tes pengembangan “David Lee” (Irianto, 2010: 152-156). Analisis
data menggunakan deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat kecakapan teknik dasar bermain sepakbola pada siswa Kelas Khusus
Olahraga Sepakbola di SMP Negeri 13 Yogyakarta berada pada kategori “sangat kurang” sebesar
19,44% (7 siswa), “kurang” sebesar 38,89% (14 siswa), “cukup” sebesar 27,78% (10 siswa), “baik”
sebesar 13,89% (5 siswa), dan “sangat baik” sebesar 0% (0 siswa).

Kata kunci: kecakapan, teknik dasar, sepakbola

Abstract  
This research was aimed to know the level of basic technique competence of playing football
in football sport special class in State Junior High School (SMP) Negeri 13 of Yogyakarta. This was
a descriptive research. The method used was a survey method. The research population were
students of football sport special class (KKO)  in SMP Negeri 13 of Yogyakarta numbered 36.
Sampling technique used a total sampling. The instrument used to measure football playing
competence included by “David Lee” development test (Irianto, 2010: 152-156). Data analysis used
a descriptive quantitative style that was implemented in form of percentage. The research results
showed that the level of basic technical competence of playing football of football sport special class
in SMP Negeri 13 of Yogyakarta was in “very deficient” of 19.44% (7 students), “deficient” of
38.89% (14 students), “sufficient” of 27.78% (10 students), “good” of 13.89% (5 students) and
“excellent” of 0 % (0 student).

Keywords: competence, basic technique, football


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.