MOTIVASI SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016
Abstract
Abstrak Pendidikan Nasional sangat penting pada bangsa. Lembaga pendidikan (sekolah) merupakan wadah atau tempat para siswa dalam menggali ilmu . Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan di lapangan, menimbulkan kelelahan setelah beraktivitas fisik dan berkeringat yang timbul berlebih bahkan mengeluh capek. Agar proses pembelajaran pendidkan jasmani direncanakan dengan baik maka perlu diketahuai terlebih dahulu motivasi siwa terhadap kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada SMA kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen pengambilan datanya menggunakan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA di kota Yogyakarta yang berjumlah 201 siswa. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,878. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebanyak 5 siswa (2,48%) mempunyai motivasi sangat tinggi, 146 siswa (72,65%) mempunyai motivasi tinggi, 50 siswa (24.87%) mempunyai motivasi rendah dan 0 siswa (0%) sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pendidikan jasmani pada SMA kota Yogyakarta tahun 2016 berkategori tinggi. Kata Kunci:Pendidikan Nasional, motivasi, pembelajaran, pendidikan jasmani Abstract National education is very important to the nation. Educational institutions (schools) is a place for students to digging knowledge. Implementation of physical education conducted in the field, on the contrary, is causing fatigue after and sweat after physical activity that causing complains among students. In order to learn the process of physical education, the motivation of students to follow the activities of physical education must be perceived. This study aims to determine the motivation of class XI students in following physical education education at Yogyakarta city high school. This research is a descriptive research using a survey method and data collection using questionnaire as the instrument. Subjects in this study were the 201 students of class XI high school in Yogyakarta city . Instrument Reliability Test uses Cronbach's Alpha formula and obtains a reliability coefficient of 0.878. Technique of data analysis using descriptive analysis which poured in the form of percentage. The results showed that 5 students (2.48%) had very high motivation, 146 students (72.65%) had high motivation, 50 students (24.87%) had low motivation and 0 students (0%) very low motivation. Thus it can be concluded that the motivation of class XI students in following physical education in high school city of Yogyakarta in 2016 is categorized high. Keywords: National education, motivation, learning, physical education
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.