PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJAS DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL

ridwan maulana, , Indonesia

Abstract


Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah belum semua guru paham terhadap media pembelajaran khususnya dalam pegembangan media pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru pendidikan jasmani dalam pengembangan media pembelajaran penjas di SMK Negeri se- Kabupaten Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan mendatangi sekolah dan menyerahkan langsung instrumen kepada guru penjas. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pilihan ganda sebanyak 30 soal. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 36 guru di SMK N Se-Kabupaten Bantul. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa sebanyak 1 guru (2,8%) mempunyai pengetahuan dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani dalam kategori sangat rendah, sebanyak 5 guru (13,9%) mempunyai pengetahuan dalam kategori rendah, sebanyak 22 guru (61,1%) mempunyai pengetahuan dalam kategori tinggi dan sebanyak 8 guru (22,2%) mempunyai pengetahuan dalam kategori sangat tinggi. Kata kunci: pengetahuan, pengembangan media Abstract The research background is that not all teachers have understood the learning media, especially in development of physical education learning media. This research intends to determine how much knowledge of physical education teachers in the development of physical education learning media in State Vocational High School (SMK) in Bantul Regency. This research was descriptive study. The method used this research was by using survey method. The data collection technique in this research was by visiting to the schools and giving the instruments directly to physical education teachers. The instrument in this research was multiple choice consisting of 30 questions. The research subjects were 36 physical education teachers in State Vocational High School (SMK) throughout Bantul Regency. The data were analysed by using descriptive quantitative analysis presented in the form of percentage. Based on the results, it can be concluded that; 1 teacher (2.8%) has very low knowledge of the development of physical education learning media, 5 teachers (13.9%) have low knowledge, 22 teachers (61, 1%) have high knowledge, and 8 teachers (22.2%) have very high knowledge. Keywords: knowledge, development of media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.