TINGKAT KETERAMPILAN DRIBBLING SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP N 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

Didit Hermansyah, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya beberapa siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP N 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016 keterampilan dribbling masih terbilang rendah, pemberian metode latihan penguasaan bola dirasa masih kurang bervariasi, serta belum adanya suasana latihan menyenangkan menarik dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan dribbling siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMP N 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dimana metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu mengenai keterampilan dribbling siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP N 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan dribbling yang dibuat oleh Bobby Charlton dengan satuan detik (Danny Mielke, 2007: 8). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dribbling siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMP N 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016 secara keseluruhan masuk kategori Cukup. Secara rinci, sebanyak 2 siswa (6,06%) masuk kategori mempunyai keterampilan dribbling Tinggi Sekali, 9 siswa (27,27%) masuk kategori keterampilan dribbling Tinggi, 13 siswa (39,39%) masuk kategori keterampilan dribbling Cukup, 6 siswa (18,18%) masuk kategori keterampilan dribbling Rendah, dan 3 siswa (9,09%) masuk kategori keterampilan dribbling Rendah Sekali. Kata kunci : keterampilan dribbling, sepakbola, ekstrakurikuler

Refbacks

  • There are currently no refbacks.