FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA KELAS XI DALAM BELAJAR BELADIRI DI SMA NEGERI 1 SELOMERTO WONOSOBO TAHUN AJARAN 2015/2016

Indra Afriliyoto,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor yang menghambat siswa kelas XI dalam belajar beladiri di SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo tahun ajaran 2015/2016 dan faktor mana yang paling dominan menghambat dalam siswa kelas XI belajar beladiri di SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan instrumen penelitian menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo yang berjumlah 48 siswa. Teknik analisis data persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat hambatan siswa kelas XI dalam belajar beladiri di SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo tahun ajaran 2015/2016, dalam kategori sangat tinggi sebesar 4,16 %, tinggi 35,41 %, sedang 27,08 %, rendah 22,91 %, dan sangat rendah 10,41 %. Faktor penghambat paling dominan berasal dari faktor eksternal pada indikator sekolah yaitu sebesar 17,08% sedangkan pada sub indikator, relasi guru dengan siswa memiliki pengaruh yang paling dominan yaitu sebesar 5,30%. Kata kunci: Beladiri, Belajar, Faktor-Faktor Penghambat. Abstract This research aims to find out how big the faktors than inhibit the grade XI in learning martial arts in SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo on academic year 2015/2016 and the most dominant factors which inhibit learning in class XI student of martial arts in SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo on academic year 2015/2016. This research is quantitative descritive researsh in methods of survey and research instrument using question form. The subject in this study is the grade XI in SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo totalling 48 students. Percentage of data analysis techniques. The result showed the level of barriers of grade XI Studends in learning martial arts in SMA Negeri 1 Selomerto Wonosobo on academic year 2015/2016, in the category very high 4,16%, high 35,41%, medium 27,41%, low 22,91%, and very low 10,41% . Factors restricting most dominant comes from external factors at the school that is an indicator of 17.08% whereas in sub indicator, relationship with teacher students have the most dominant influences i.e. of 5.30%. Keyword: Martial arts, Learning, Factors Restricting.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.