TINGKAT KEMAMPUAN GERAK DASAR LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN
Abstract
Abstrak Secara keseluruhan siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan dapat melakukan gerak dasar lempar lembing, akan tetapi siswa mengalami kesulitan dalam melakukan koordinasi gerak dasar lempar lembing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan gerak dasar lempar lembing siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sample dengan jumlah sampel 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 15 siswi putri. Metode penelitian menggunakan metode survey dengan pengambilan data menggunakan teknik tes dan pengukuran. Instrumen penelitian ini menggunakan pendekatan test retest dengan validitas instrumen sebesar 0,674 dan reliabilitas sebesar 0,805. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian tingkat kemampuan gerak dasar lempar lembing pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan yaitu; untuk kategori sangat baik sebesar 3,33% atau 1 siswa, kategori baik sebesar 33,33% atau 10 siswa, kategori cukup baik sebesar 26,33% atau 8 siswa, kategori kurang baik sebesar 33,33% atau 10 siswa, dan untuk kategori sangat kurang baik sebesar 3,33% atau 1 siswa. Kata kunci: Tingkat kemampuan gerak dasar lempar lembing, siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan Abstract Overall, the eight grade students SMP N 2 Kalasan can perform basic movement of javelin, however, the students have difficulty in performing javelin basic movement coordination. This research aims to determine the level of basic movement ability of javelin of eight grade students in SMP N 2 Kalasan. This research was descriptive quantitative. The subjects were eight grade students of SMP N 2 Kalasan, the sampling was using purposive sample of 30 students consisting of 15 male and 15 female students. The research method used was by survey method with data collection by test and measurement techniques. The research instrument used test and retest approach with instrument validity 0.674 and reliability 0.805. The method used to analyze the data was descriptive quantitative method. The results of the research on the level of javelin basic movement skills of eight grade student in SMP N 2 Kalasan are; for the very good category is 3.33% or 1 student, good category 33.33% or 10 students, quite good category 26.33% or 8 students, less good category 33.33% or 10 students, and very less category 3.33% or 1 students. Keywords: Level of javelin basic movement skills, eighth grade students of SMP N 2 Kalasan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.