KEADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN WILAYAH BARAT
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah sarana dan prasarana yang kurang dan hampir tidak pernah dilaksanakannya pembelajaran praktek atletik di beberapa SMP Negeri se-Kabupaten Sleman wilayah barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan olahraga di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman wilayah barat. Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Subjek penelitian ini adalah SMP Negeri se-Kabupaten Sleman wilayah barat yang berjumlah 10 sekolah. Teknik analisis yang dilakukan adalah mendeskripsikan hasil observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan peralatan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman wilayah barat sebesar 59,09% dengan 71,88% dalam kondisi baik dan layak digunakan. Ketersediaan perkakas pembelajaran pendidikan jasmani sebesar 32,50% dengan 95,99% dalam kondisi baik dan layak digunakan. Sedangkan ketersediaan fasilitas pembelajaran pendidikan jasmani sebesar 35,29% dengan 100% dalam kondisi baik dan layak digunakan. Kata Kunci : sarana, prasarana, pendidikan jasmani Abstract The background of this research is the lack amount of tools and infrastructures and less conduct of athletic practice learning at several State Junior High School in west-area of Sleman Regency. The purpose of this research is figure out the condition of those tools and infrastructures for Physical Education and sport at school being researched. This is descriptive research and applies survey method in doing so. The subject of this research is ten State Junior High School in west-area of Sleman Regency. The analysis technic used is then to describe the result of the observation while the research instruments are done using observation sheet. The research implies that the availability of the Physical Education tools learning at those school is 59, 09%, most of which 71, 88% is well-maintained and is worth using and so is the availability of infrastructures. It says that 32, 50% is ready, most of which 100% is in good condition. Key words: tools, infrastructures, Physical Education.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.