HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN, DURASI BELAJAR DAN NILAI PENJASORKES DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS X

Syarif Hidayat, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan, durasi belajar dan nilai penjasorkes dengan prestasi akademik siswa kelas X di SMA N 1 Piyungan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi sebanyak 143 siswa, sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mengetahui kecerdasan, nilai penjasorkes dan prestasi akademik, serta angket (kuesioner) untuk mengetahui durasi belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang tidak signifikan antara kecerdasan dengan prestasi akademik, rxy (0,018) < (0,254) rtabel(0,05)(59) maka Ha ditolak. (2) Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara durasi belajar dengan prestasi akademik, rxy (0,128) < (0,254) rtabel(0,05)(59) maka Ha ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara nilai penjasorkes dengan prestasi akademik, rxy (0,359) > (0,254) rtabel(0,05)(59) maka Ha diterima. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan, durasi belajar dan nilai penjasorkes dengan prestasi akademik Fhitung sebesar 2,839 > 1,53 Ftabel(0,5)(59) maka Ha diterima. Besarnya sumbangan efektif keseluruhan variabel (kecerdasan, durasi belajar, nilai penjasorkes) adalah 13,20%. Kata kunci: kecerdasan, durasi belajar, nilai penjasorkes, prestasi akademik Abstract This research aims to determine the relationship between intelligence, learning duration and sport education value to student achievement in class X Senior High School 1 Piyungan Bantul. This researh is correlational. A population of 143 students, sample of 60 students with proportional random sampling technique. The data collection technique using documentation for the intelligence, sport education value and academic achievement, as well as a questionnaire to determine the duration of the study. Data analysis using the technique of product moment correlation analysis and multiple regression analysis at a significance level of 5%. The results showed that (1) there is no significant relationship between intelligence with academic achievement, rxy (0,018) < (0,254) rtabel(0,05)(59) then Ha rejected. (2) There is no significant relationship between the duration of the study with academic achievement, rxy (0,128) < (0,254) rtabel(0,05)(59) then Ha rejected. (3) There is a significant correlation between the value of sport education to academic achievement, rxy (0,359) > (0,254) rtabel(0,05)(59) so Ha is received. (4) There is a significant relationship between intelligence, learning duration and value penjasorkes with achievement Fhitung 2,839 > 1,53 Ftabel(0,5)(59) so Ha is received. The amount of the effective contribution of all variables (intelligence, the duration of the study, the sport education value) is 13,20%. Keywords : intelligence, learning duration, sport education value, academic achievement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.