ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN ASPEK PSIKOMOTOR DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA/SMK SE-DIY

Jefri Hermawan,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan psikomotorik dan kesesuaiannya antara materi dengan kurikulum yang digunakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian analisis dokumen (analisis isi). Populasi dalam penelitian ini yaitu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK mitra UNY. Instrumen yang digunakan yaitu lembar dokumentasi yang telah divalidasi oleh 3 expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dokumen yang kemudian dipersentasekan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 55% guru cenderung memunculkan tahap kemampuan perseptual, sedangkan tahap gerakan terampil memiliki persentase sebesar 42%. Dalam sebuah RPP guru cenderung memunculkan 2 tahap psikomotorik yaitu sebanyak 59,09%. Tahap psikomotorik kemampuan perseptual juga cenderung muncul dalam materi permainan bola besar yaitu sebesar 56%. Pada kurikulum 2006 tahap psikomotorik kemampuan perseptual dan gerakan terampil memiliki persentase kecenderungan yang sama yaitu 50%. Kemampuan perseptual mendominasi pada kurikulum 2013 yaitu sebesar 60%. Pembelajaran psikomotorik dengan kurikulum yang digunakan juga menunjukkan kesesuaian yaitu sebesar 73% sesuai dengan kompetensi dasar dan 77% sesuai dengan indikator. Kata kunci: tahap psikomotorik, pembelajaran, kurikulum Abstract This research was to understand the psychomotor stages taught in schools and its compliance with the curriculum used. This research was a descriptive research using content analysis method. The population of this research was Physical Education and Sports teachers in High Schools/Vocational Schools partners of YSU. Instruments being used were documentation papers which have been validated by three expert judgements. The results indicated that 55% of the teachers tend to raise perceptual ability stage, while movement ability stage possessed 42% results. In a Lesson Plan, teachers tended to raise two psychomotor stages for 59,09%. Perceptual ability tended to raise in large ball sports for 56%. In 2006 curriculum, perceptual ability and movement ability stages tended to have the same value for 50%. Perceptual ability dominated 2013 curriculum for 60%. Psychomotor learning and the curriculum used also showed compliance for 73% with the basic competence and 77% compliance with the indicators. Key words: psychomotor stages, learning, curriculum

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.