ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMA NEGERI UNTUK WILAYAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENDIDIKAN KARAKTER
Sri Winarni, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui gambaran RPP mata pelajaran PJOK ditinjau dari pendidikan karakter
dan (2) mengetahui aspek-aspek pendidikan karakter yang paling sering muncul dalam RPP pembelajaran PJOK
yang menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri untuk wilayah kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan menggunakan teknik analisis dokumen.
Subjek dalam penelitian ini adalah 20 dokumen RPP dari 10 SMA Negeri di Wilayah Kota Yogyakarta. Instrumen
utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument) dengan menggunakan lembar penilaian RPP
yang di susun oleh peneliti dan validasi dilakukan dengan expert judgment. Metode dalam penelitian ini adalah
metode survei dengan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aspek pendidikan karakter
yang lebih dominan muncul dalam RPP yang menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri Wilayah Kota
Yogyakarta adalah komunikatif sebesar 18,19%, disiplin 13,70%, tanggung jawab 10,90%, mandiri 10,19%, rasa
ingin tahu 9,70%, kreatif 7,40%, toleransi 6,07%, jujur 5,98%, religius 5,10%, gemar membaca 5,10%, kerja keras
4,13%, cinta damai 2,43%, dan peduli lingkungan 1,85%. Aspek pendidikan karakter yang paling mendominasi
pada penelitian ini adalah komunikatif yaitu sebesar 18,19%.
Kata kunci: pendidikan karakter, RPP, PJOK, kurikulum 2013
dan (2) mengetahui aspek-aspek pendidikan karakter yang paling sering muncul dalam RPP pembelajaran PJOK
yang menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri untuk wilayah kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan menggunakan teknik analisis dokumen.
Subjek dalam penelitian ini adalah 20 dokumen RPP dari 10 SMA Negeri di Wilayah Kota Yogyakarta. Instrumen
utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument) dengan menggunakan lembar penilaian RPP
yang di susun oleh peneliti dan validasi dilakukan dengan expert judgment. Metode dalam penelitian ini adalah
metode survei dengan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aspek pendidikan karakter
yang lebih dominan muncul dalam RPP yang menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri Wilayah Kota
Yogyakarta adalah komunikatif sebesar 18,19%, disiplin 13,70%, tanggung jawab 10,90%, mandiri 10,19%, rasa
ingin tahu 9,70%, kreatif 7,40%, toleransi 6,07%, jujur 5,98%, religius 5,10%, gemar membaca 5,10%, kerja keras
4,13%, cinta damai 2,43%, dan peduli lingkungan 1,85%. Aspek pendidikan karakter yang paling mendominasi
pada penelitian ini adalah komunikatif yaitu sebesar 18,19%.
Kata kunci: pendidikan karakter, RPP, PJOK, kurikulum 2013
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.