ANALISIS BUTIR SOAL UAS MATA PELAJARAN PENJASORKES KELAS VIII DI SMP N 1 TANJUNG PANDAN TA 2018/2019
Ngatman Ngatman, , Indonesia
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangar penting untuk meningkatkan kemampuan setiap manusia.
Dalam pendidikan terdapat kegiatan evaluasi, ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kualitas
pembelajaran yang telah diberikan, salah satu yang bisa dilakukan adalah menganalisis soal ujian akhir
semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester kelas VIII mata pelajaran
PJOK SMPN 1 Tanjung Pandan Kabupaten Belitung berdasarkan aspek tingkat kesukaran, aspek pembeda, dan
aspek efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survei(expost facto), Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Pandan.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data diperoleh melalui metode dokumentasi yaitu: soal ujian,
kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan program
ANATES Versi 4.0.9 untuk mengetahui kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, daya pembeda, dan
efektivitas pengecoh/distractor. Hasil Analisis kualitas butir soal di SMPN 1 Tanjung Pandan, Kabupaten
Belitung dilihat dari tingkat kesukaran ada 4 soal (8%) berkategori sukar, 16 soal (32%) berkategori sedang,
dan 30 soal (60%) berkategori mudah. Ditinjau dari daya pembeda, sebanyak 5 soal (10%) berkategori baik, 19
soal (38%) berkategori sedang, dan 26 soal (52%) berkategori jelek. Ditinjau dari efektivitas
pengecoh/distractor, sebanyak 11 soal (22%) berkategori sangat baik, 6 soal (12%) berkategori baik, 19 soal
(38%) berkategori cukup baik, dan 14 soal (28%) berkategori kurang baik, dan 0 soal (0%) atau tidak ada yang
berkategori tidak baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal UAS Semester Ganjil
memiliki tingkat kesukaran yang kurang baik, tingkat daya pembeda yang kurang baik, dan efektivitas
pengecoh yang cukup baik.
Kata Kunci: Analisis, Soal Pilihan Ganda, Sukar, Daya Pembeda, Pengecoh
Dalam pendidikan terdapat kegiatan evaluasi, ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kualitas
pembelajaran yang telah diberikan, salah satu yang bisa dilakukan adalah menganalisis soal ujian akhir
semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester kelas VIII mata pelajaran
PJOK SMPN 1 Tanjung Pandan Kabupaten Belitung berdasarkan aspek tingkat kesukaran, aspek pembeda, dan
aspek efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survei(expost facto), Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Pandan.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data diperoleh melalui metode dokumentasi yaitu: soal ujian,
kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan program
ANATES Versi 4.0.9 untuk mengetahui kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, daya pembeda, dan
efektivitas pengecoh/distractor. Hasil Analisis kualitas butir soal di SMPN 1 Tanjung Pandan, Kabupaten
Belitung dilihat dari tingkat kesukaran ada 4 soal (8%) berkategori sukar, 16 soal (32%) berkategori sedang,
dan 30 soal (60%) berkategori mudah. Ditinjau dari daya pembeda, sebanyak 5 soal (10%) berkategori baik, 19
soal (38%) berkategori sedang, dan 26 soal (52%) berkategori jelek. Ditinjau dari efektivitas
pengecoh/distractor, sebanyak 11 soal (22%) berkategori sangat baik, 6 soal (12%) berkategori baik, 19 soal
(38%) berkategori cukup baik, dan 14 soal (28%) berkategori kurang baik, dan 0 soal (0%) atau tidak ada yang
berkategori tidak baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal UAS Semester Ganjil
memiliki tingkat kesukaran yang kurang baik, tingkat daya pembeda yang kurang baik, dan efektivitas
pengecoh yang cukup baik.
Kata Kunci: Analisis, Soal Pilihan Ganda, Sukar, Daya Pembeda, Pengecoh
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.