BIMBINGAN GURU PENJASORKES DALAM PENGARAHAN BAKAT OLAHRAGA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN
Nurhadi Santoso, , Indonesia
Abstract
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bimbingan guru penjasorkes dalam pengarahan
bakat olahraga peserta didik di SMP Negeri se-Kecamatan Gondokusuman.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini
adalah 3 kepala sekolah, 3 guru penjas, 26 siswa masing-masing ketua kelas yang ada di SMP Negeri
Kecamatan Gondokusuman. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi
dan dokumentasi. Protokol wawancara meliputi pertanyaan tentang Progam sekolah, Tujuan
pembelajaran penjas, Peserta didik, Sarana dan prasarana, Bimbingan bakat siswa, Kegiatan KBM,
Pemberian motivas dan bimbingan bakat olahraga siswa dan prestasi olahraga. Observasi meliputi
Mengamati dan mencatat Sarana dan prasarana, Mengamati Kegiatan belajar mengajar. Dokumentasi
meliputi Mendokumentasikan Prestasi siswa, Sarana dan prasarana sekolah. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis metode deskriptif kualitatif. Setelah semua di peroleh di lanjutkan dengan
pengolahan data dengan cara Triangulasi sumber dan Triangulasi data.
Hasil penelitian menyatakan guru pendidikan jasmani telah melakukan pengarahan terhadap
iswa melalui pengamatan dalam kegiatan belajar mengajar, siswa yang berpotensi pada cabor tersebut
diarahkan ke ekstrakurikuler yang siswa unggulkan. namun, guru pendidikan jasmani juga tidak
erlepas dari hambatan-hambatan yang ditemukan saat pengarahan siswa, hambatan yang sangat
erlihan adalah dari diri siswa dan dari lingkungan siswa.
Kata kunci: Pengarahan bakat olahraga siswa.
bakat olahraga peserta didik di SMP Negeri se-Kecamatan Gondokusuman.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini
adalah 3 kepala sekolah, 3 guru penjas, 26 siswa masing-masing ketua kelas yang ada di SMP Negeri
Kecamatan Gondokusuman. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi
dan dokumentasi. Protokol wawancara meliputi pertanyaan tentang Progam sekolah, Tujuan
pembelajaran penjas, Peserta didik, Sarana dan prasarana, Bimbingan bakat siswa, Kegiatan KBM,
Pemberian motivas dan bimbingan bakat olahraga siswa dan prestasi olahraga. Observasi meliputi
Mengamati dan mencatat Sarana dan prasarana, Mengamati Kegiatan belajar mengajar. Dokumentasi
meliputi Mendokumentasikan Prestasi siswa, Sarana dan prasarana sekolah. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis metode deskriptif kualitatif. Setelah semua di peroleh di lanjutkan dengan
pengolahan data dengan cara Triangulasi sumber dan Triangulasi data.
Hasil penelitian menyatakan guru pendidikan jasmani telah melakukan pengarahan terhadap
iswa melalui pengamatan dalam kegiatan belajar mengajar, siswa yang berpotensi pada cabor tersebut
diarahkan ke ekstrakurikuler yang siswa unggulkan. namun, guru pendidikan jasmani juga tidak
erlepas dari hambatan-hambatan yang ditemukan saat pengarahan siswa, hambatan yang sangat
erlihan adalah dari diri siswa dan dari lingkungan siswa.
Kata kunci: Pengarahan bakat olahraga siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.