PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KURIKULUM 2013 MODEL PROBLEM BASED LEARNING SMP KELAS VII
Ahmad Rithaudin, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum 2013 dengan Model Problem Based
Learninguntuk Siswa SMP Kelas VII yang dapat dijadikan sumber belajar bagi guru.Penelitian
ini merupakam penelitian Research and Development(R&D) yang mengacu pada pendapat yang
disampaikan oleh Sugiyono (2013). Subyek pengembangan dalam penelitian ini adalah materi
pembelajaran PJOK untuk siswa SMP dengan materi permainan bola besar. Instrumen
pengumpulan data dengan lembar penilaian yang diberikan pada ahli kurikulum dan ahli materi.
Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dari
hasil saran dan masukan para ahli.Hasil Penelitian ini adalah produk Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum 2013 dengan Model
Problem Based Learning untuk Siswa SMP Kelas VII . Hasil dari penilaian ahli kurikulum “sangat
baik” dengan skor 93%, penilaian dari ahli materi “sangat baik” dengan skor 93%, penilaian dari
guru PJOK “sangat baik” dengan skor 82% serta penilaian proses pembelajaran dari siswa “sangat
baik” dengan skor 83%.
Kata kunci:Pengembangan, RPP, Problem Based Learning, Kurikulum 2013
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum 2013 dengan Model Problem Based
Learninguntuk Siswa SMP Kelas VII yang dapat dijadikan sumber belajar bagi guru.Penelitian
ini merupakam penelitian Research and Development(R&D) yang mengacu pada pendapat yang
disampaikan oleh Sugiyono (2013). Subyek pengembangan dalam penelitian ini adalah materi
pembelajaran PJOK untuk siswa SMP dengan materi permainan bola besar. Instrumen
pengumpulan data dengan lembar penilaian yang diberikan pada ahli kurikulum dan ahli materi.
Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dari
hasil saran dan masukan para ahli.Hasil Penelitian ini adalah produk Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum 2013 dengan Model
Problem Based Learning untuk Siswa SMP Kelas VII . Hasil dari penilaian ahli kurikulum “sangat
baik” dengan skor 93%, penilaian dari ahli materi “sangat baik” dengan skor 93%, penilaian dari
guru PJOK “sangat baik” dengan skor 82% serta penilaian proses pembelajaran dari siswa “sangat
baik” dengan skor 83%.
Kata kunci:Pengembangan, RPP, Problem Based Learning, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.