THE IDENTIFICATION OF TEACHING STYLE USED BY PHYSICAL EDUCATION TEACHER IN JUNIOR HIGH SCHOOLS STUDIES WITH TEACHING STYLES OF MOSSTON MUSKA IN SUKOREJO DISTRICT

Diva Fiorentina, , Indonesia

Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang gaya mengajar apa saja yang sering digunakan dan paling banyak digunakan oleh guru pendidikan jasmani untuk siswa SMP di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Dalam penelitian ini populasinya adalah 22 guru penjas dari 12 Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Sukorejo. Dalam metode servey ini, Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan jumlah 50 pertanyaan yang mewakili 11 indikator spektrum gaya mengajar muska mostton yang digunakan guru dalam proses pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani SMP di Kecamatan Sukorejo yang telah melalui proses validasi yang telah dilakukah oleh expert judgement dengan jawaban ya dan tidak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan mengolah data hasil penelitian pada tiap-tiap indikator dengan menggunakan excel, adapun perhitungan untuk masing-masing butir dalam kuesioner menggunakan persentase. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar yang paling banyak digunakan oleh guru pendidikan jasmani SMP di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal yaitu Gaya Komando (87,88%), Gaya Periksa diri (71,59%), Gaya Individual (71,50%), Gaya Tugas (70,91%), Gaya Inisiasi Siswa (70,45%), Gaya Inklusi (70%), Gaya Resiprokal (68,18%), Gaya Divergen (68,18%), Gaya Penemuan Terbimbing (67,05%), Gaya Konvergen (59,09%), Gaya Mengajar diri (57,95%). Kata kunci: Gaya mengajar, siswa, guru dan sekolah. Abstract The purpose of this research is to know what style of teaching is used by physical education teachers for junior high school students in Sukorejo Kendal District. The method in this research is using quantitative descriptive research by using survey method. Population in this research are 22 physical education teachers from 12 Junior High School in Sukorejo district. The research instrument used in the form of a questionnaire with a total of 50 questions representing 11 indicators of teaching style spectrum of muska mostton used by physical education teacher junior high school in district Sukorejo that has been through the validation process and expert judgment process with yes and no answer. Data analysis in this research is using descriptive analysis by processing the data of research results on each indicator by using excel, as for the calculation for each item in the questionnaire using the percentage. The result of the research that has been done can be concluded that the most widely style of teachers used by the junior high school physical education teacher in Sukorejo Subdistrict, Kendal District, Command Style (87.88%), Self-Check Style (71,59%), Individual Style (71 , 70%), Reciprocal Style (68.18%), Divergen Style (68.18%), Style (70,91%), Instructional Style Guided Discovery (67.05%), Convergent Style (59.09%), Self-Teaching Style (57.95%). Keywords: Teaching style, students, teachers and schools.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.