UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI CEPIT SEWON
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia melalui strategi menulis terbimbing pada siswa kelas IVB SD Negeri Cepit Sewon Bantul.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Cepit Sewon yang berjumlah 20 siswa dengan objek penelitian keterampilan menulis karangan deskripsi melalui strategi menulis terbimbing. Metode pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya strategi menulis terbimbing, keterampilan menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pada kondisi awal adalah 61 dengan persentase ketuntasan sebesar 15%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi 64 dengan ketuntasan 30% yaitu meningkat sebasar 15% dari kondisi awal, dan rata-rata kelas pada siklus II meningkat lagi menjadi 79 dengan ketuntasan sebesar 80% yaitu meningkat sebanyak 50%.
Kata Kunci: karangan deskripsi, strategi menulis terbimbing, kelas IV SD.
Abstract
This research aimed to improve skills of descriptive writing on the bahasa Indonesia learning through guided-writing strategy of the students’ batch IVB at the public elementary school of Cepit sewon bantul.The research was a class action research. The research subject was the students’ batch IVB of the public elementary school of cepit sewon which numbered 20 students by research object was skills of descriptive writing through guided-writing strategy. Data collecting method was test, observation and documentation. Data analysis used quantitative and qualitative descriptive analysis. The research result showed that after implementing guided-writing strategy, the skills of descriptive writing had improvement. The research result showed that the average score in the class on the beginning condition was 61 with the completeness percentage was 15%. The class average score on the cycle I improved into 64 with the completeness 30%; that improved as many 15% from the beginning condition. On the cycle II, the skill improved into 79 with the 80% completeness, it improved as many 50%.
Keywords: descriptive writing, guided-writing strategy, batch IV of elementary school.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.