PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA

Oktavia Triami Putri, Fakultas Ilmu Pendidikan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui penggunaan media flashcard di SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes unjuk kerja, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa. Pada pratindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 39,55 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 32,5 lalu mengalami peningkatan sebesar 13,35 pada siklus I menjadi sebesar 52,9. Sedangkan nilai dari siklus I juga mengalami peningkatan sebesar 20,83 pada siklus II menjadi sebesar 73,73 pada rentang skor 0-100. Siswa yang mendapatkan nilai ≥60 sudah mencapai 90% dan melalui penggunaan media flashcard.

Kata kunci: penguasaan kosakata, flashcard, sekolah dasar

Abstract

This research aimed to improve the knowing ability of English vocabulary through the used of flashcard in SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. This research used the type of  classroom action research by using Kemmis and Taggart’s model. The subjects were students of grade 2 totaling 22 students. The research was conducted in two cycles, each cycle consisting of three meetings. In gathering the data used observation techniques, test performance, and field notes. The data was analysed by  used quantitative descriptive and qualitative descriptive technique. The results showed that through the used of flashcard, could improve the knowing ability of English vocabulary. At the begining, the average mark of grade 2 in English vocabulary was 39.55 with the highest score was 65 and the lowest was  32.5 and increased 13.35 in the first cycle to 52.9. While the score of the first cycle also increased by 20.83 on the second cycle amounted to 73.73 on the score range 0-100. Students who scored ≥60 has reached 90% and through the used flashcard.

Keywords: vocabulary, flashcard, elementary school   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.