HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SEGUGUS I KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Nisa Marhaeni, Falkultas Ilmu Pendidikan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Segugus I Kecamatan Wates tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Segugus I Kecamatan Wates yang berjumlah 214 siswa. Dengan menggunakan rumus Slovin, didapat jumlah sampel sebanyak 139 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan emosi dan dokumentasi. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dokumentasi diperoleh melalui nilai rapor semester I tahun ajaran 2015/2016. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka indeks korelasi sebesar 0,269 dan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 dengan besar sumbangan 7,3%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Segugus I Kecamatan Wates tahun ajaran 2015/2016.

Kata kunci: kecerdasan emosi, prestasi belajar matematika, siswa sekolah dasar.

Abstract

This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and mathematics achievement of Elementary School fifth grade students cluster I Sub district of Wates academic year 2015/2016. This study uses a quantitative research approach to the type of ex post facto research. The population in this study were all students in fifth grade elementary school cluster I Sub district of Wates totaling 214 students. Using the formula Slovin, obtained a total sample of 139 students. Data was collected using emotional intelligence questionnaire and documentation. Before being used as a data collection tool, test the validity and reliability was carried out. Documentation obtained through grades the first semester of the 2015/2016 academic year. Data analysis techniques performed by using descriptive statistics. Research hypothesis testing using Pearson Product Moment Correlation. The results showed that the index number of correlation of 0.269 and 0.001 significance value <0.05 with a large contribution of 7.3%. From these results it can be concluded that there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and mathematics achievement of Elementary School fifth grade students cluster I Sub district of Wates academic year 2015/2016.

Keywords: emotional intelligence, learning achievement, elementary school students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.