PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dan nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru telah melaksanakan pendidikan karakter dengan mengembangkan nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air.
Kata kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai karakter
Abstract
This study aimed to describe the implementation of character aducation and character values development in SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. This research was a qualitative descriptive. The subjects were school principals, teachers, and students. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed using data reduction, data display, and conclusion. Mechanical examination of the validity of data by using techniques and resources triangulation. The results show that principals and teachers have implemented character education to develop character values are religious, honesty, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, the spirit of nationalism, patriotism.
Keywords: character education, character values
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.