PENGARUH PENGGUNAAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS III SD NEGERI KOWANGAN TEMANGGUNG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas III SD Negeri Kowangan Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Instrument penelitian yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 17 soal pilihan ganda. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas butir
soal. Teknik analisis data berupa uji t dengan gain untuk melihat perbedaan hasil belajar pecahan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rerata pretes pada kelas eksperimen adalah 77,41 dan rerata pretes pada kelas kontrol adalah 76,75. Setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas eksperimen diperoleh rerata postes 91,53 dan pada kelas kontrol 82,91 peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rerata gain pada kelas eksperimen 13,95 dan pada kelas kontrol 6,29 pada kelas kontrol dan eksperimen memiliki hasil belajar yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas III SD Negeri Kowangan Temanggung.
Kata kunci: Pembelajaran Koopeatif, NHT, Hasil Belajar Pecahan.
Abstract
The purpose of the research was to find out whether there is a positive influence on the use of cooperative learning type Numbered Heads Together towards the result of fractions learning of third grade in Kowangan Elementary School, district Temanggung. The method used in this research was quasi experiment method. The subject of this
research were 46 students consist of 25 students for experiments class and 21 for control class. The instrument used in this research was test which consists of 17 multiple choice questions. The validity used in this intrument was the validity of the grain problem. The technique of data analysis were t-test with gain in order to see the difference between the result of fraction learning in experiment class and in controlling class.The average result of pretest in experiment class was 77,41 and the average result of pretest in controlling class was 76,75. After the learning process
using cooperative learning model type numbered head together (NHT) in the experiment class, the average result of the post test was 91,53 and the average result of post test in the controlling class was 82,91, The increasing of the learning result could be seen from the average of the n-gain in the experiment class 13,95 and in the controlling class 6,29 and experiment had a learning significant result. Because of that, it could be concluded that this model type numbered head together (NHT) could increase the fraction learning result of third grade students in Kowangan
Elementary School district Temanggung.
Keyword: cooperative learning, nht, result of the fraction learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.