PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS III SD NEGERI BENDUNGAN III DENGAN ALAT PERAGA

Irvan Setiawan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pecahan siswa kelas III dengan alat peraga kertas berbentuk bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Bendungan III yang berjumlah 15. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika pada materi pecahan. Teknik pengumpulan data dengan tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga kertas berbentuk bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 26,7%, ketuntasan belajar siklus I sebesar 61,5% dan ketuntasan belajar siklus II sebesar 92,3%. Sedangkan pada aspek afektif dan psikomotor ditunjukkan dengan perubahan kegiatan guru dan siswa ke arah yang lebih baik. Guru melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP dan hasil refleksi siklus I. Siswa mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian, menggunakan alat peraga dengan baik, aktif, bekerjasama dengan baik serta lebih tekun.

Kata kunci: kertas lipat bangun datar, hasil belajar matematika

Abstract

This research was aimed to improve the results of Mathematics learning in fraction material of III grade students by a flat-shaped paper instrument. This was a Class Action Research (PTK) with research subject of III grade students of State Elementary School (SDN) of Bendungan III numbered 15. The research object was Mathematics learning result in fraction material. Data gathering technique used test and observation. Data was analyzed qualitatively and quantitatively descriptive. The research results showed that the use of flat-shaped paper instrument could improve student learning results. It could be viewed from learning completion prior to action was 26.7%,  cycle I learning completion was 61.5% and cycle II learning completion of 92.3%, while in affective and psychomotor aspects shown by the change of teacher and student activities to a better direction. The teacher performed learning according to RPP and cycle I reflection results. The students attended learning seriously using instrument well, actively, make co-operation well and more diligently.

Keywords:  flat-shaped folded paper,  mathematics learning outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.