UPAYA GURU MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI KOTAGEDE 1 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya guru meningkatkan minat baca pada siswa kelas III A SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 29 siswa III ASD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan upaya guru meningkatkan minat baca pada siswa kelas III A SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta yaitu: (1)Mendorong anak bercerita tentang apa yang telah didengar atau dibacanya, (2)Membeli buku yang menarik minat baca, (3)Menukar buku dengan teman, (4)Memberikan buku sebagai hadiah, dan (5)waktu membaca. pada saat proses pembelajaran guru memberikan dorongan kepada murid untuk meningkatkan Menyediakan minat baca. Salah satunya dengan cara guru meminta murid pergi ke perpustakaan pada saat jam istirahat untuk meminjam buku yang murid sukai.
Kata kunci: guru, minat baca, siswa.
Abstract
This study aimsdescribe the teacher’s efforts to improve the reading interest of Grade III A students of SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. This was a qualitative descriptive study. The research subject were 1 classroom teacher and 29 student of Grade III A of SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. The data were collected through observations and interviews. The data analysis technique in the study consisted of data reduction, data display, and conclusion drawing. The data trustworthiness was enhancep by data trianggulation. The result of the study show that the teacher’s efforts to improve the reading interest of Grade III A student SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta include: (1)encouraging the student to tell anything that they have heard or read, (2)buying books interesting to raed, (3)exhanging books with friends, (4)giving books as rewards, and (5)allocating time to read during the learning process. The techer encourages the student to improve the reading interes. One of the ways is by asking the student to go to the library in the break time to borrow books that they like.
Keywords: teacher, reading interest, students.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.