PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODELTUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) KELAS III

Pitrolina Sri Rezeki,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui model tutor sebaya (peer tutor)kelas III SD Negeri Suryodiningratan I Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang menggunakan model Kemmis dan Taggart dilakukan dengan langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan I yang berjumlah 23siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan meodel tutor sebaya pada siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan I. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar Matematika melalui pembelajaran model tutor sebaya (peer tutor) pada kelas III SD Suryodiningratan I. Hasil ini dibuktikan dari pra tindakan 13 siswa (56,52%), telah mencapai KKM siklus I sebanyak 17 siswa (73,91) dan siklus II sebanyak 21 siswa (91%).

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, tindakan, pembelajaran tutor sebaya.

 

Abstract

This study aims at improving the mathematics learning outcomes through the peer tutor model in Grade III of SD Negeri Suryodiningratan 1 Yogyakarta in the 2015/2016 academic year. This was a classroom action research (CAR) study using Kemmis and Mc Taggart’s model, conducted through the steps of planning, action observation, and reflection. The research subjects were Grade III students of SD Negeri Suryodiningratan with a total of 23 students. The data collecting techniques were tests, observations and documentation. The results of the study show that there is an improvement of the learning outcomes through the application of the peer tutor metho among Grade III students of SD Negeri Suryodiningratan 1. The improvement was indicated by the fact that in the preaction 13 students (56.52%) attained the Minimum Mastery Criterion (CCM), in Cycle I 17 students (73.91%) attained it, and in Cycle II 21 students (91%) attained it.

Keywords: activities, learning outcomes, action, peer tutoring learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.