PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH SD N 1 BLUNYAHAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk penerapan pembelajaran tematik kelas rendah serta upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran tematik di SDN I Blunyahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Blunyahan. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga guru kelas rendah di SDN I Bluyahan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dengan perangkat pembelajaran tematik. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran tematik Kendala yang dialami oleh guru saat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yakni guru kesulitan dalam memadukan mata pelajaran kompetensi dasar yang tidak berkaitan dengan kompetensi dasar lain. Upaya guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah guru tetap menerapkan pembelajaran tematik kepada peserta didik walaupun mata pelajarannya masih terlihat.
Kata kunci: penerapan, pembelajaran tematik.
Abstract
This research aims to study the application of thematic classes and the efforts of teachers in overcoming the obstacles encountered in the implementation of thematic learning SDNI Blunyahan. This research used descritive qualitative approach. The Subjects were three low grade teacher at SDN I Bluyahan. Data collection using interviews and document analysis. Data analysis process starts from reviewing all data from interviews with thematic learning device. After thawith data reduction into a table and verification to draw conclusions. The results show that teachers have applie thematic learning problem faced by teachers when creating the lesson plan teachers difficulties in combining the subjects of basic competencies that are not related to other basic competence. Efforts of teachers in addressing the issue is still implement thematic learning to student despite her subjects are still visible.
Keywords: application, thematic learningFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.