IMPROVING THE SPEAKING SKILL OF GRADE V STUDENTS OF SDN 1 BLUNYAHAN, BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas V SDN 1 Blunyahan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Blunyahan Bantul Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Blunyahan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model spiral dari Kemmis and Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Blunyahan. Peningkatan nilai rerata keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 3,21, yang kondisi awal 65,58 meningkat menjadi 68,79, dan pada siklus II meningkat sebesar 18,62 yang kondisi awal 65,58 meningkat menjadi 84,20.
Kata kunci : keterampilan berbicara, metode diskusi SD.
Abstract
This study aims to improve the learning process and the speaking skill of Grade V students of SDN 1 Blunyahan, Bantul, Yogyakarta, by using the discussion method. This was an action research study. It was conducted at SDN 1 Blunyahan, Bantul, Yogyakarta, and the research subjects were Grade V students with a total of 24 students, consisting of 10 male students and 14 female students. The research design used Kemmis ant Taggart’s spiral model. The data collecting methods were tests, observations, and documentation. The data analysis technique was the quantitative descriptive statistical technique by calculating the mean scores. The results of the study showe that the use of the discussion method is capable of improving the learning process and the speaking skill of Grade V students of SDN 1 Blunyahan. The improvement of the mean score of the speaking skill in Cycle I was 3.21; in the initial condition it was 65,58 and it improved to 68.79. in Cycle II the improvement was 18.62; in the initial condition it was 65.58 and it improved 84.20.
Keywords : speaking skill, discussion method, ESFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.