PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Yohanes Lagadoni Keraf,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran geometri persegi dan persegi panjang menggunakan media papan berpaku pada siswa kelas 3 SD N Sawit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru kelas. Instrumen yang digunakan yaitu hasil tes akhir setiap siklus dan wawancara yang dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media papan berpaku pada pembelajaran bangun datar persegi dan persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus 1 yaitu dari 62 menjadi 66 dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 66 menjadi 80. Selain itu dari hasil observasi menunjukan bahwa penggunaan media papan berpaku sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, siswa lebih muda memahami materi yang dipelajari dan guru lebih mudah dalam mengajar.

Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Media Kongkret, Kelas 3 SD

 

Abstract

This study aimed to improve the mathematics learning achievement in the geometry learning of squares and rectangles through geoboard media for Grade 3 of SDN Sawit. This was a classroom action research (CAR) study in collaboration with the class teacher. The research instruments were the final test in each cycle and interviews. The data analysis techniques were the quantitative and qualitative descriptive techniques. The results of the study showed that the use of geoboard media for the learning of two-dimensional figures of squares and rectangles was capable of improving the mathematics learning achievement. This was indicated by the mean scores from the pre-cycle to Cycle 1, namely from 62 to 66, and from Cycle 1 to Cycle 2, namely from 66 to 80. In addition, the results of the observations showed that the use of geoboard media helped much in mathematics learning; the students found it easier to understand the learning materials and the teacher found it easier to teach.

Keywords: Mathematic learning result, Concrete media, 3rd grade elementary student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.