PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas I, tahun ajaran 2015/2016 dengan menerapkan model inkuiri sosial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, yang terdiri siklus yang masing-masing siklus terdiri perencaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelituan adalah siswa kelas IV SD 2 Blunyahan yang berjumlah 29 siswa dan objek dalam penelitian adalah meningkatkan hasil belajar. Siklus I hasil siswa di peroleh dari 29 siswa hanya 18 siswa yang mencapai nilai ≥ 75, sedangkan 11 siswa atau 62 % yang belum tuntas. Pada tindakan siklus II yang mencapai ketuntasan 26 siswa dengan peresentase mendapatkan skor ≥ 75 mencapai 89%, dan belum mencapai ketuntasan 3 siswa dengan perentase 11%. Pelaksanaan observasi pada kegiatan siswa yaitu, a) siswa beroriantasi pada masalah, b) siswa membuat hipotesis, c) siswa membuat batasan masalah, d) siswa membuat eksplorasi e) siswa mengumpulkan fakta dan bukti, f) siswa kesimpulan.
Kata kunci : model inkuiri sosial, hasil belajar
Abstract
This study aims to improve the Social Studies learning achievement of Grade IV students in the 2015/2016 academic year by applying the social inquiri model. This was a classroom action research (CAR) using Kemmis and Mc Taggrat’s model, consisting of cycles each of which consisted of planning, action, observation, and reflection. The research subjects were Grade IV students of SD 2 Blunyahan with a total 29 students and research object was the learning achievement improvement. In Cycle I, of 29 students, only 18 students attain scores of ≥75 and 11 students or 38% do not attain the mastery. In Cycle II, 26 students or 89% attain score of ≥75 and 3 students or 11% did not attain the mastery. Observations are conducted on the students’activities when they were: a) oriented to the problem, b) formulated the hypothesis, c) made problem limitation, d) carried out an exploration, e) collected facst and evidence, and f) drew conclusions.
Keywords: social inquiry model, learning achievement.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.