UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN KELAS IV SD

Lidia Utu Lendi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui media kartu bilangan pada siswa kelas IV SDN 3 Jarakan, Bantul tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart(dalam Suharsimi Arikunto, 2010: 17), dengan subjek tindakan yaitu siswa kelas IV SDN 3 Jarakan Bantul yang berjumlah 31 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Tindakan yang dilakukan selama penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan. Pada siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan pada akhir pertemuan ke dua diberikan soal tes siklus I, sedangkan pada siklus II dilakukan dua kali pertemuan dan pada akhir pertemuan kedua diberikan soal tes siklus II. Observasi dilakukan terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media kartu bilangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan memahami operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat ditingkatkan dengan menggunakan media kartu bilangan pada siswa kelas IV SD N 3 Jarakan Bantul. Hal ini terbukti pada nilai KKM pra siklus siswa persentasenya 23%, siklus I meningkat menjadi 35% dan pada siklus II meningkat menjadi 77%.
Kata Kunci: Operasi hitung, Penjumlahan dan Pengurangan, Media Kartu bilangan, Siswa SD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.